Senin, 05 April 2010

Walau Tanpamu


Wulan, Rasti, Dani, Bagus, Vany, dan Ardi. Mereka adalah sekumpulan anak yang sudah bersahabat sejak dulu. Anak-anak di sekolah biasa mengenal mereka dengan sebutan d’rp, ehmm..kadang mereka membuat kekacauan di kelas mereka masing-masing, dari yang ngerjain orang bias dikatakan usil, ngumpetin barang orang, berisik kalau gak ada guru, dll.
Tapi kini mereka sedang menghadapi masalah. Masalahnya adalah soal Ardi, karena dia sudah 2 hari menghindar dari mereka-mereka.
“Ar, koq lo selalu menghindar dari kita-kita sih?” Tanya Dani mencegat Ardi.
Ada apa sih sebenarnya sama elo, Ar?” Tanya Wulan menatap Ardi dengan serius bahkan duarius.
“Kenapa sih kalian pada nanya-nanya. Heran gue..kan suka-suka gue mau menghindar ato enggak!” bentak Ardi yang sudah emosi.
“Ar, koq lo jadi berubah gitu sih?” Tanya Bagus bingung.
“Mau berubah, mau enggak, ya suka-suka gue,” Jelas Ardi langsung pergi begitu saja mendorong Dani yang tadi mencegatnya.
“Ar, koq lo malah pergi!” teriak Vany.
Mereka semua heran apa yang terjadi pada Ardi selama 2 hari ini. Lalu mereka ke kelas Rasti untuk memikirkan apa sih sebenarnya yang terjadi pada diri Ardi.
“Menurut pendapat gue ya, Ardi lagi ada masalah ama keluarganya kali,” Tebak Wulan.
“Kalo gue, pasti dia nembak cewek trus di tolak,” Tebak Dani.
“Nggak. Bukan itu, jangan-jangan dia habis di hokum guru,” Tebak Bagus.
“Menurut gue apa ya..apa ya? Jangan-jangan dia gak di kasih uang jajan 1 bulan gara-gara sesuatu kali,” Tebak Vany.
“Kalian semua salah. Emang masalah keluarga apa? Kalo Ardi ada masalah keluarga kan Ardi pasti cerita ke kita-kita. Gak mungkin kan. Kalo dia nembak cewek trus gak diterima pasti dia juga curhat ke kita-kita, end kan masih banyak cewek di dunia ini trus kenapa dia marah-marah bukannya nangis-nangis gitu. Dihukum guru, kan gak mungkin secara gue sekelas trus masa sampe segitunya sih dia marah-marah kan udah 2 hari. Gak dikasih uang jajan tapi koq dia jajan tadi. Jadi menurut gue ya..gue bisa menyimpulkan kalo Ardi tuh lagi ada masalah sesuatu gitu,” Jelas Rasti dengan begitu panjangnya ampe-ampe temen-temennya melongo, bengong aja.
“Ras, tapi sesuatu apa contohnya?” Tanya Wulan karena dia tuh mendengar dengan serius bahkan duarius.
“Gak tau?!” tertawa Rasti.
Semua pun menyorak Rasti.
“Yang penting kan udah kasih pendapat gitu,” Masih aja dia cenagr-cengir.
“Eh, friends gimana kalo kita buat rencana,” Wulan memberi usul dengan begitu cepat.
“Rencananya apa?” Tanya Rasti penasara.
“Kita ikutin aja si Ardi sampai rumahnya, trus kita ngumpet di mana gitu,” Terang Wulan, memang tiap ada masalah gawat darurat pasti Wulan terus yang memberi usul boro-boro friendsnya.
“Ide bagus tuh,” Puji Rasti.
“Tapi..kita harus duluan di depan gerbang sekolah,” Wulan melanjutkan penjelasannya.
Ehm..akhirnya mereka setuju-setuju aja akan idenya Wulan.

***

Wulan, Dani, Bagus dan Vany sudah berkumpul di gerbang sekolah. Dan Rasti pun muncul dengan berlari.
“Eh, friends si Ardi segera datang,” Teriak Rasti sambil lari seperi dikejar-kejar anjing.
“Ya, udah kalo gitu kita ngumpet,” Beritahu Wulan.
Lalu mereka semua mengumpat begitu juga dengan Rasti yang ngos-ngosan lari-larian.
“Aduh..t-tau gak t-tadi? Gue-gue pas udah keluar k-kelas gue-gue langsung la-lari. Trus, si Ardi heran liat-liat gue,” Cerita Rasti yang masih ngos-ngosan.
“Udah lo diem dulu! Tuch si Ardi datang,” Suruh Vany.
Setelah Ardi melewati pos dan pintu gerbang sekolah, mereka semua keluar pelan-pelan dari pos.
“Ayo..kita mulai rencana,” Ucap Wulan dengan berbisik.
Sesampainya di rumah Ardi, mereka semua mengumpat di teras tetangganya Ardi. Untungnya Ardi sedang duduk di depan rumahnya dan berbicara dengan Ibunya yang sedang menyapu halaman rumahnya.
“Mah, memang benar minggu besok kita jadi pindah ke Bandung?” Tanya Ardi sembari melepas sepatu kesayangan bermerk Converse.
“Ya, jadilah… sayang,” Jawab Ibu Ardi singkat.
“Trus urusan sekolahku gimana?” Tanya Ardi lagi yang masih melepas kaos kakinya.
“Lagi diurus koq sayang.”
‘Ooh..berarti itu yang bikin Ardi kayak gitu. Mungkin Ardi begitu biar aku dan yang lain gak kecewa dengan keputusan orang tuanya Ardi,’ Pikir Rasti dalam hati.
“Eh, friends kita balik yuk!” ajak Rasti.
“Koq balik sih?” Tanya Bagus yang dari tadi asyik-asyiknya main Hp bukannya memperhatikan.
“Makanya tadi lo denger apa kata Nyokapnya Ardi, jangan main-main Hp aja,” Kali ini Wulan menasehati Bagus yang sudah ke 100 kalinya.
“Habis gue capek.”
“Udah ayo..!” ajak Dani menarik tangan Bagus.

***

“Gue harus gimana yah? Biar Ardi bisa tetep di sini terus. Soalnya dia kan sahabat paling baik banget bagi gue,” Bolak-blik Rasti memikirkan itu di kamar tidurnya.
“Hai, Kak..!” Ika mengagetkan Rasti dari lamunannya.
“Ika!! Ngagetin gue aja. Udah tau gue lagi sibuk,” Bentak Rasti yang emosinya kini sudah tak terkendali.
“Sorry!” Ika meminta maaf lalu Ika langsung tiduran di tempat tidur Kakaknya.
“Kak, emang sejak kapan Kakak bisa sesibuk ini? Soalnya kakak itu kan anaknya malesan,” Ika menyindir sambi menggerogoti kukunya itu.
“Lo jangan bikin gue emosi deh!”
“Sorry again. Emang sibuk apaan sih?”
“Hmm.. lo tau Ardi kan?” Tanya Rasti.
“Ardi. Hmm.. oh ya sahabat kakak itu kan. Tau-tau,” Ika mengingat Ardi lalu duduk.
“Dia tuh pengen pindah ke Bandung , tapi dia sembunyiin gitu,” lanjut Rasti.
“Koq kakak tau kalo dia nyembunyiin itu?” Tanya Ika.
“Tadi siang pulang sekolah kakak sama sahabat kakak yang lain ikutin Ardi sampai rumah, trus kita denger pembicaraan Nyokapnya Ardi and Ardi tentang kepindahan si Ardi,” cerita Rasti.
“Trus inti dari permasalahannya apa?” Tanya lagi Ika menatap Rasti serius.
“Dia tuh gak mau bilang soal itu ke kakak dan yang lainnya. Padahal kan kakak dan dia tuh sahabatan, dan kakak tuh gak mau kehilangan dia, karna dia itu sahabat yang paling bisa ngertiin kita semua,” ngotot Rasti.
“Kakak gimana sih?” kalau udah keputusan dari Ibunya Ardi ya udah gak bisa diganggu –gugat lagi.”
“Iya sih. Tapi.. gimana biar dia mau ngomong soal itu ke kakak dan yang lainnya?” bingung Rasti langsung duduk di tempat tidurnya.
“Ya udah, mending kakak ngomong berdua sama kak Ardi. Bukan gitu caranya kalo ingin pisah dengan kakak dan yang lainnya,” Ika menyarankan.
Ada benarnya juga lo, Ka. Memang lo tuh adik gue yang paling pinter,” puji Rasti lalu mencubit pipi Ika.
“Aduuh.. jangan kayak gitu dong kalo mau muji orang! Sakit tau!” protes Ika.
Rasti hanya tertawa.
Di sekolah saat jam istirahat..
“Ar, gue pengen ngomong sesuatu hal sama lo. Sebentar doang!” ajak Rasti menarik tangan Ardi ke kelasnya.
“Apaan sih?” Tanya Ardi kesal langsung melepas tangan Rasti. Lalu Ardi pun duduk demikian pula dengan Rasti. “Cepetan! mo ngomong apa?”
“Iya. Tapi, lo harus jawab jujur sama pertanyaan gue?”
“Ya udah cepetan!”
“Ar, emang bener lo jadi pindah ke Bandung?” Tanya Rasti pelan.
Ardi kaget bukan main.
“Ras, lo tau darimana?” Tanya Ardi menatap Rasti dengan menunjuk tangannya ke muka Rasti.
“Kemaren gue sama temen-temen ngikutin lo sampe rumah. Pas ampe rumah lo, gue end yang lainnya dengerin pembicaraan lo ama Nyokap lo. Sorry ya, Ar,” Rasti menceritakan semuanya.
“Rasti!! Ngapain lo ngemata-matain gue. Sama temen-temen lagi,” bentak Ardi.
“Habis setiap gue tanya, Wulan tanya, dan yang lain tanya, lo cuma ngomel, ngebentak, banting muka, diem, apalagi? Kurang apalagi?” Rasti membela diri.
Seketika Ardi diam lalu Wulan tak sengaja menguping pembicaraan mereka dari pintu kelas. Wulan pun memanggil yang lainnya.
“Emang gue yang salah. Karena, gue takut lo, Wulan, Vany, dan yang lainnya sedih kehilangan gue,” Ardi memberitahu alasannya.
“Gue gak sedih koq, Ar. Gue sedih kalo lo gak jujur sama gue and yang lainnya,” ucap Rasti.
“Setiap orang yang kehilangan teman terbaiknya pasti merasakan kesedihan, Ar. tapi jika teman terbaiknya itu tidak melupakan dia pasti dia gak akan sedih,” ucap Wulan tiba-tiba datang.
“Gue gak sedih koq, bro. soalnya lo dah mau jujur sama kita-kita,” Bagus menyusul, yang lainnya pu ikut.
“Kalian..,” kaget Ardi.
“Ar, ini baru lo. kalo yang kemaren bukan, itu bukan lo,” ucap Dani memegang pundak Ardi.
“Maafin gue ya. Emang gue yang salah, udah ngejauhin kalian semua. Sekali lagi maafin gue ya..!!” Ardi meminta maaf.
“Memang kita sedih, tapi keputusan Nyokap lo gak bias dibantah lagi,” jelas Vany.
“Kita semua maafin lo koq, Ar. Dan kita semua tuh tetep sayang dan ingat selalu sama lo, Ar,” Rasti mewakili.
“Dan kita juga harus tetep kompak selalu walau tak ada Ardi di samping kita-kita. Dan lo, Ar juga harus inget kita-kita,” ucap Wulan.
“Because We Are..,” ucap Rasti lalu menaruh tangannya ke depan.
“Best Friend Forever,” serentak semua.
“Tak ada yang bias pisahkan kita semua,” ucap Wulan.
“Yess!! Hore!!” serentak semua sambil melompat.
Walau tanpa Ardi di sisi mereka lagi mereka semua berjanji tidak akan lost contact dengan Ardi.

*****

By: Fransiskus Sia Muliardi S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Tolong beri komentar
2. Follow blog duniafranz.blogspot.com
3. Jangan Lupa mampir lagi
4. Jangan Lupa Di Share Postingannya
5. Terima Kasih