Senin, 05 April 2010

Kapan Sich Loe Berubah??


“Cin, gue pengen ngomong sesuatu sama lo,” Riko menarik tangan Cintya sampai di kantin. Sampai-sampai dilihat anak- anak pula.
“Ngomong apaan sih? Malu tahu diliat anak- anak,” kesal Cintya pada Riko yang tak tau mau diapain dirinya itu.
“Lo duduk dulu!” pinta Riko pada Cintya. Cintya pun turut apa katanya.
“Ya udah cepetan ngomong. Gue ada PR nih. Belom gue kerjain tau!” Cintya melihat jam tangannya karena 15 menit lagi bel sekolah berbunyi.
“Gini loh Cin. Dari dulu tuh gue udah ngefans sama lo. Terus lama- lama gue jadi…”
“Lo suka sama gue?” tanya Cintya memotong kalimat Riko.
“Ehmm.. iya Cin,” jawab Riko penuh malu.
“Gue gak bisa Rik. Dan lo jangan tanya alasannya kenapa gue nolak lo!” pinta Cintya lalu pergi sedangkan Riko terlihat sungguh patah hati.
Udah ke 28 kali Cintya menolak cowok mulai dari seumuran, kakak kelas, adik kelas, hingga yang cakep- jelek pun ditolaknya. Kalau ditanya alasannya pasti dia gak mau jawab atau langsung pergi begitu saja. Kalau pun ada yang maksa paling dia bilang “umurku belum sweet seventeen masih 16 tahun dan kata mamiku aku pacaran pas aku sweet seventeen.”. waduh bahaya dong hari gini nurut apa kata mami.

***
“Cici..!!” panggil Cintya di depan pintu kamar Cici.
“Ya masuk aja,” teriak Cici yang asyik membaca novel dari dalam kamar. Lalu Cintya masuk dengan memonyongkan bibirnya.
“Cintya kan?” tebak Cici lalu menaruh novelnya di dadanya.
“Koq tahu sih?”
“Ya siapa lagi kalo bukan lo. Kan Cuma elo doang yang sering banget malah setiap hari datang ke house gue.”
Cintya hanya diam seperti tak mendengar.
“Kebiasaan! Pasti pengen curhat kan?”
“Iya nih. Tadi tuh si Riko nembak gue terus gue tolak.”
“Capek deh!” Cici menaruh novelnya ke dalam lacinya. “Kenapa ya, Cin lo tuh selaluuu.. aja nolak cowok. Si Fajar yang cowok tercakep di sekolah aja ampe lo tolak. Seinget gue tuh, lo udah nolak 27 cowok ditambah Riko jadi 28 cowok yang elo tolak dan gak ada yang pernah elo terima. Kalo gue jadi elo sih langsung gue terima semuanya apalagi Fajar langsung hap sama gue.”
“Ah.. elo mah Ci.”
“Ya emang kenyataan kan elo nolak cowok sebanyak itu. Dari SMP gak pernah berubah. Lagian elo sih pake sistem nurutin kata nyokap lo. Kan elo bisa backstreet sama bonyok lo.”
“Tapi Ci..”
“Iya gue juga tahu. Pasti lo pengen ngomong backstreet itu dilarang sama mami lo. 100 kali kayaknya ya elo ngomong gitu. Ampe gue hapal.”
“Ya kan elo duluan yang ngomong backstreet.”
Cintya hanya diam tak menaggapi apa kata Cintya.
“Ci.. Cici elo denger gak sih?” tanya Cintya menggoyangkan kaki Cici. Ternyata Cici sudah tidur dari tadi.
“Ini orang gue pengen curhat malah molor,” bete Cintya.

***
Di sekolah Cintya cemberut aja. Ditanya ini enggak jawab, ditanya itu juga enggak jawab. Cici pun risih melihat sikap Cintya dan Cici langsung melakukan sesuatu.
“Ih.. lama- lama gue jadi males sekolah disini. Kayaknya gue pengen pindah sekolah aja lah!” ucap Cintya sambil melirik sedikit- sedikit ke arah Cintya.
Cintya tidak menanggapi perkataan Cici. Cintya hanya diam saja sambil menopang kepalanya dengan dua tangannya.
‘Koq dia enggak ngerespon sih,’ ucap Cici dalam hati.
Cici lalu pergi ke luar menunggu Cintya ikut keluar. Namun Cintya tak kunjung keluar. Cici kemudian masuk kelas kembali.
“Ya, ampun ini orang betah amet di kelas gak ngomong, gak jajan gitu.” Bingung Cici.
Cici mendekati Cintya lalu, “Cin, lo kenapa sih murung terus?”
Cintya hanya diam.
“Cin, makanya lo tuh jangan terobsesi sama omongan nyokap lo itu. Kalo gue sih kalo urusan cinta tuh dari gue sendiri bukan nyokap gue yang ngurusin,” Cici menyarankan Cintya.
“Maksud lo Mami?” akhirnya ngomong juga.
“Iya.”
“Terus gimana?”
“Hmm.. ya elo harus berubah dong.”
“Berubah??”
“Iya. Gimana kalo elo berubah sesaat umur lo sweet seventeen. Saat lo ultah. Gimana? kata mami lo, elo boleh pacaran kalo sweet seventeen kan?”
“Maksud lo?”
“Ya elo harus make a wish saat ultah lo ‘gue harus berubah’.”
“Iya deh gue usahain.”
“Janji??”
“Janji.”

***
“Ih bete banget deh gue,” Cintya memukul tempat tidurnya sambil berbaring.
Tiba- tiba hape Cintya berdering dengan lagu band kesayangannya yaitu Ungu.
“Siapa sih? Hallo.. hallo..,” jawab Cintya namun langsung di tutup sama orang yang menelphone Cintya.
“Ihh.. ini orang nyebelin banget sih! Dasar cumi yang gazebo,” kesal Cintya.
Hape Cintya berbunyi lagi. “Hallo.. ini siapa sih?” tanya Cintya namun langsung ditutup.
“Apa gue telephone balik ya?”
Saat Cintya ingin menelphone balik. Orang gazebo itu pun telephone Cintya lagi. Cintya langsung mengangkat tanpa basa- basi.
“Eh, lo siapa sih? Dari tadi miskol aja. Gak tahu ya kalo orang kesel di cumiin terus!” Cintya mulai naik darah seperti bom atom yang siap meledak.
“Sorry yah Cin. Soalnya gue miskol lo Cuma mau ngetes ini nomor lo apa bukan,” akhirnya orang gazebo itu pun menjawab pertanyaan Cintya.
“Lo tahu nomor gue darimana? terus kok lo tahu sih nama gue? N lo siapa?”
“Gue tahu dari seseorang yang gak boleh gue kasih tahu.hmm..  masak sih lo gak kenal gue?”
“Emang lo siapa? Trus tujuan lo telephone gue apa?  Ntar gue tutup nih kalau lo gak jawab!” ancem Cintya.
“Iya.. iya.. gue Ricky temen SMP lo dulu. Tujuan gue sih cuma pengen ngomong..,” sejenak Ricky berhenti.
“Ihh.. resek deh! Ngomong apaan sih?”
Ricky belum menjawab tapi telephone belum ditutup.
“Gue tutup nih telephonenya,” ancam Cintya lagi.
“Jangan.. jangan.. gue cuma pengen bilang gue suka sama elo, Cin.” Jawab Ricky cepat tanpa ragu- ragu.
“Bukannya waktu SMP lo pernah nembak gue, terus gue tolak.”
“Gue tau itu tapi lo jawabnya setelah lo ultah ya,” pinta Ricky.
“ Tapi kan ultah gue masih seminggu lagi.”
“Gue takut elo direbut orang.”
“Ya udah kalo inget ya,” Cintya menutup pembicaraannya dengan Ricky.

***
“Ci, lo tahu Ricky gak?” tanya Cintya.
“Cintya.. yang namanya Ricky itu banyak. Gak cuma siji,” jelas Cici lalu melanjutkan membaca novelnya itu di kelas yang begitu gaduh karena gak ada guru.
“Itu loh Ricky temen SMP kita dulu,” Cintya meyakinkan Cici.
“Eh.. dari kelas 7 sampai kelas 9 gue tuh sekelas sama Ricky yang beda- beda. Emang nama panjangnya atau ciri- cirinya gimana?”
“Ricky si raja playboy.”
“Oohh.. itu gue udah. Hehe..,” tertawa Cici.
“Ihh.. elo mah ngeselin yah!”
“Lagian udah tahu gue lagi asyik baca novel. Oh ya pasti lo tolak?” tanya Cici menatap ajah Cintya.
“Enggak. Gue belum jawab. Itu juga karena Ricky bilang jawabnya pas ultah gue.”
“Berarti bagus dong!”
“Maksud lo bagus apaan?”
“Ya.. lo kan pasti langsung jadian di hari ulang tahun lo,” senyum Cici.
“Biasa aja tuh!”
“Yang penting lo harus berubah gak boleh enggaak!”
“Capek deh!”

***
Seminggu kemudian…
“Happy birthday ya sayang,” ucap Mami dan Papi Cintya saat Cintya turun dari tangga rumahnya.
“Ternyata Mami sama Papi inget juga.”
“Ya iyalah sayang. Masa ulang tahun anaknya gak tahu,” tersenyum Mami Cintya.
“Oh ya gak lupa juga. Papi sama Mami punya hadiah buat kamu.”
“Makasih ya,Pi, Mi.”
“Dibuka dong!” suruh Papi.
“Wah bagus banget kalungnya Pi,Mi.”
“Sini Mami Pakaikan.”
“Kamu tambah cantik jadinya,” puji Papi Cintya.
“Sekali lagi makasih ya Pi, Mi.”
Cintya pun pamit dan berangkat ke sekolah.
Sesampainya di sekolah…
“Cici.. gila gue dikasih kado kalung sama Papi, Mami gue,” senang Cintya tiba- tiba menghampiri Cici.
“Wow.. bagus banget yah!” Cici memuji sambil memegang kalung Cici.
“Weits ini kalung mahaal. So, gak boleh dipegang orang sembarangan.,” Cintya melepas tangan Cici dari kalungnya.
“Ya ampun sampai segitunya.”
“Tenang. Just kidding.. just kidding.”
“Eh, jangan lupa elo harus berubah mulai dari sekarang.”
Tiba- tiba hape Cintya berdering.
“Hallo.. ada apa Rick?” tanya Cintya mengangkat telephone dari Ricky.
“Ehmm.. happy birthday ya, Cin.”
“Eh.. siapa?” tanya Cici berbisik.
“Ricky..” jawab Cintya pelan.
“Loudspeaker.. loudspeaker,” suruh Cici.
“Hallo.. Cintya elo masih denger gue kan?”
“Denger.. denger.”
“To the poin aja ya, Cin. Gimana jawabannya?” tanya Ricky penasaran.
“Hmm..” Cintya berfikir menatap Cici.
“Ya udah terima aja,” bisik Cici.
“Hmm.. gue gak mau. Jadi, gue nolak lo. Sorry ya.” Cintya menutup pembicaraannya dengan Ricky.
“Loh kok matiin sih? Udah gitu lo tolak lagi. Mana janji lo, Cin? Mana?”
“Setelah gue pertimbangkan semalem. Gue ingin serius belajar dulu. So, gue pacaran kalau udah punya gelar aja,” jelas Cintya.
“What?? Cintya.. Cintya.. kapan sih lo bisa berubah?” pusing Cici memikirkan sahabatnya yang anak Mami itu.
Cintya hanya cengar- cengir saja.

***************

By: Fransiskus Sia Muliardi S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Tolong beri komentar
2. Follow blog duniafranz.blogspot.com
3. Jangan Lupa mampir lagi
4. Jangan Lupa Di Share Postingannya
5. Terima Kasih