Selasa, 08 Januari 2013

Thank You 2012, Welcome 2013 Fransiskus SMS

YAKINLAH DENGAN MIMPIMU

“Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia”  adalah sepenggal lirik lagu dari band papan atas Indonesia, Nidji. Ya. Bermimpi adalah suatu hak yang kita miliki dalam hidup. Tinggal bagaimana kita bisa membuat mimpi itu menjadi kenyataan dan ada nyata di kehidupanmu. Layaknya sebuah mimpi-mimpiku yang sudah kuciptakan di tahun 2012. Banyak. Iya. Banyak sekali mimpi-mimpi yang ingin aku kejar di tahun 2012. Dan puji Tuhan dari sekian banyak mimpiku tersebut, aku bisa mewujudkannya. Dan lantas bisa meneruskan mimpiku yang belum sempat terwujud di tahun 2012, inilah beberapa mimpiku yang sudah terwujud di tahun 2012.

1. Lulus Ujian Nasional
Siapa coba yang tidak mau lulus? Kelulusan adalah suatu kejadian yang ditunggu-tunggu bagi anak-anak sekolah saat ini. Termasuk saya. Meskipun aku berprestasi di sekolah, tetap saja aku was-was akan kelulusan Ujian Nasional. Apalagi ujian nasional di tahun 2012 lebih diperketat. Yang tadinya hanya 2 pake saja. Menjadi 5 paket sekaligus. Bayangkan saja begitu sulitnya melirik sana-sini mencari teman yang satu paket dengan kita. Apalagi dia jauh di pojok belakang. Hoeh. Tapi, dengan semangat yang kubangun, dengan niat dari hati, aku bisa menunjukkan bahwa aku bisa lulus. Dan alhasil aku bisa lulus 100% dengan nilai yang memuaskan. Moment yang berharga.

2. Lolos di UI atau PoliMedia (Politeknik Negeri Media Kreatif)
Masuk di salah satu universitas/perguruan tinggi/politeknik negeri adalah suatu mimpi bagi anak-anak SMA/SMK saat ini. Bagaimana tidak? Bayangkan saja masuk di suatu kampus negeri adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kita dan keluarga kita. Karena di jaman sekarang ini, sulit sekali bisa masuk di universitas negeri. Karena untuk masuk sebuah kampus negeri saja, kita harus bisa mengalahkan ribuan bahkan puluhan ribu peserta SNMPTN dari berbagai provinsi di Indonesia. Dan mereka yang bisa lolos adalah benar-benar orang-orang terpilih. Tapi sayang, mimpiku untuk masuk UI di jurusan ilmu komunikasi kandas, tapi ternyata aku dikejutkan dengan kelolosanku di Politeknik Negeri Media Kreatif melalui jalur prestasi. Senang. Ya. Senang luar biasa bagiku. Terlebih lagi, aku bisa lolos di jurusan yang sesuai saatku SMK, yaitu Design Grafis. Tapi sayang, begitu aku lolos di Politeknik tersebut, aku harus mengundurkan diri dikarenakan sesuatu masalah yang menyangkut ekonomiku. Mimpiku memang sudah terwujud. Lolos di politeknik tersebut, tapi untuk aku mulai belajar disana mungkin tidak untuk tahun 2012. :) 

3. Kerja sambil Kuliah
Kerja? Iya. Kerja sambil kuliah adalah impianku selanjutnya. Namun dikarenakan aku belum sempat menjajaki kuliah, akhirnya mimpiku untuk kerja bisa terwujud. Aku yang masih 17tahun disaat itu sudah bisa masuk dalam dunia kerja yang begitu bisa membebani anak semuda aku. Tujuan mimpiku untuk kerja saat itu cukuplah simple. Hanya untuk melunasi tunggakan sekolahku yang masih banyak dan membiayai kuliahku sendiri.  Dan nyatanya, ketika aku bekerja, aku bisa sedikit demi sedikit melunasi tunggakanku disekolah meskipun aku melamar kerja tanpa sebuah ijazah. Aku sangat-sangat bersyukur.

4. Tunggakan sekolah Lunas
Mungkin hanya sebagian kecil yang mempunyai mimpi seperti ini, termasuk aku. Aku memang sekolah di sekolah bagus. Terjamin. Berfasilitas. Dan swasta. Dan mahal. Dengan modal nekat mungkin aku masuk disana. Dikarenakan fasilitasnya yang memadai. 2 tahun disana aku tidak mengalami apa-apa. Namun disaatku menginjakki kelas 12, mulailah tunggakkan itu muncul. Dikarenakan berbenturan dengan biaya kuliah abangku, SPP kakakku, dan SPP adikku. Hebatnya orang tuaku. Meskipun aku berprestasi tapi hanya membantu sedikit saja untuk orang tuaku. Dan nyatanya tunggakanku bisa lunas di akhir tahun 2012 ini. Meskipun ijazahku sebelumnya harus ditahan pihak sekolah.

4 mimpi tersebut adalah sebagian dari mimpi-mimpi besarku di tahun 2012.
Dan kini. 2013 sudah datang, begitu banyak pula coret-coretan mimpi yang menghiasi otakku. Diantaranya : 
  1. Bertanggung jawab atas pertobatanku dan menjadi lebih baik.
  2. Menyelesaikan hutang-hutang orang tuaku.
  3. Lolos lagi dan Kuliah di Politeknik Negeri Media Kreatif jurusan Design Grafis.
  4. Memperbaiki atap rumah yang sudah pada jebol (banyak nyamuk soalnya).
  5. Menyelesaikan Novel buatanku dan menerbitkannya.
  6. Membeli sebuah Kamera DSLR dan Laptop untuk bisa jadi media meningkatkan kreatifitasku.
  7. Menyelesaikan sebuah photobook kenangan kelas XII MM 1.
Dan diatas adalah beberapa mimpiku di tahun 2013 ini yang harus bisa kucapai dalam waktu tempuh 365 hari.

Dream, Believe and Make it Happen.” Sebuah kutipan dari Agnes Monica yang membuatku semakin yakin dengan mimpiku untuk menjadi kenyataan disertai dengan tangan Tuhan yang membantu arah jalanku. Dan untuk kalian yang bermimpi, Yakinlah dengan mimpi-mimpimu, maka kau akan tau hasilnya bila kau yakin dan percaya jika mimpi itu akan menjadi kenyataan :). #TerimaKasih

GagasMedia: http://gagasmedia.net
Bukune: http://bukune.com
Gammara Leather: http://gammaraleather.com

2 komentar:

  1. Hidup memang kadang tak mudah. Tapi semua berawal dari sebuah keinginan dan usaha yang kelak akan memberikan hasil setimpal atas apa yang telah kita lakukan.

    BalasHapus

1. Tolong beri komentar
2. Follow blog duniafranz.blogspot.com
3. Jangan Lupa mampir lagi
4. Jangan Lupa Di Share Postingannya
5. Terima Kasih