Jumat, 08 Maret 2013

Pilihan Karier untuk Orang yang Suka Menyendiri




Jika Anda lebih senang menggunakan komputer dan pengolahan data daripada bertemu orang lain, tujuh pilihan karier berikut bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Oleh Amy Chang

“Satu cara untuk dapat melihat pilihan karier yang bisa Anda pilih adalah melihatnya seperti berurusan dengan paduan data, orang-orang, dan benda,” saran Laurence Shatkin, pakar karier sekaligus penulis ‘50 Best Jobs For Your Personality.’ “Jika ingin menghindar dari proses sosialisasi, maka Anda harus memilih karier yang fokus pada pengolahan data atau benda mati.”
1. Akuntan
Lebih suka menggeluti angka dan data keuangan daripada basa-basi dan rapat lewat telepon? Anda mungkin lebih cocok jadi akuntan.

Beberapa tugas utama akuntan antara lain menghitung pajak, menyiapkan dokumen keuangan, dan mengolah catatan keuangan, yang semua tugasnya tidak membutuhkan banyak interaksi tatap muka. “Meski Anda tidak selalu dapat menghindari orang-orang lewat pekerjaan ini, pekerjaan ini kebanyakan berkonsentrasi pada pengolahan data,” kata Shatkin, “sehingga Anda terus berada di depan komputer dan jauh dari orang sepanjang jam kerja.”

Untuk mengejar karier di bidang akuntansi, Anda harus menjadi sarjana akuntansi atau bidang yang lainnya yang masih berhubungan.

2. Desainer grafis
Anda adalah tipe orang kreatif. Anda lebih suka bergumul dengan perangkat menggambar di meja dibanding bersenang-senang bersama sahabat. Untungnya, desainer grafis adalah salah satu karier yang mengizinkan Anda jauh dari pergaulan.

Karena pekerjaan ini bisa dilakukan dari komputer, seperti yang katakan Shatkin. Anda pun jarang berinteraksi dengan orang lain. Tetapi, “Anda mungkin harus berkomunikasi dengan orang lain untuk menerima saran atau koreksi, apalagi jika Anda bagian kerja tim seperti mendesain grafis untuk video game. Meski demikian, Anda akan lebih sering bekerja sendiri, apalagi jika Anda seorang pekerja lepas,” kata Shatkin.

Desainer grafis biasanya diambil dari lulusan sarjana dalam bidang desain grafis atau bidang lainnya yang berkaitan, serta melampirkan portofolio untuk memperlihatkan bakat kemampuan mereka.

3. Pengembang software
Anda mungkin tertarik bekerja dengan komputer dibandingkan dengan manusia? Mungkin cocok bekerja sebagai pengembang perangkat lunak.

“Pengembang perangkat lunak menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer. Jika mereka perlu bekerja sama, seperti ketika mengerjakan aplikasi smartphone yang baru, mereka memang perlu berbagi ide dengan rekan kerja, namun, biasanya lewat email,” kata Shatkin.

Sebagai seorang pengembang perangkat lunak, tanggung jawab Anda adalah memastikan bahwa program komputer dapat berjalan dengan baik. Para developer biasanya sarjana ilmu komputer, insinyur perangkat lunak, atau bidang lain yang berhubungan, serta memiliki kemampuan pemrograman komputer yang handal. Lulusan matematika juga diperhitungkan dalam pekerjaan ini.

4. Petugas pencatat medis dan teknisi informasi kesehatan
Pasien Anda bukanlah manusia, melainkan data. “Ini adalah karier yang berfokus pada data medis dibandingkan pasien,” kata Shatkin. “Jika Anda ingin terlibat dalam perkembangan industri perawatan kesehatan yang terus melambung namun tidak ingin berurusan dengan pasien, maka ini adalah pilihan yang tepat.”

Apa yang kemungkinan akan Anda hadapi? Tugas-tugas khusus seperti mencatat data pasien secara elektronik, mengatur data untuk pusat data klinik, serta data keamanan.

Para pelamar petugas catatan medis dan teknisi informasi kesehatan biasanya diwajibkan memiliki sertifikat pendidikan lanjutan, sementara sebagian besar yang lain diambil dari lulusan diploma. Pada umumnya perusahaan cenderung merekrut orang yang memiliki pengalaman profesional.

5. Perencana anggaran
Orang yang senang bergaul tidak disarankan melamar pekerjaan ini, karena perencana anggaran menghabiskan sebagian besar waktunya di hadapan komputer untuk mengolah data.

“Pekerja pada bidang ini, seperi akuntan, kebanyakan berurusan dengan jumlah anggaran. Mereka bekerja pada bidang konstruksi dan industri pabrik, serta membantu menentukan kemungkinan biaya perencanaan proyek. Sebagian besar pekerjaan mereka fokus pada penentuan jumlah biaya yang tersimpan di pusat pendataan,” seperti yang dikatakan Shatkin.

Tanggung jawab lainnya dari profesi perencana anggaran termasuk menggunakan perangkat lunak komputer yang canggih untuk menentukan biaya dan menyiapkan perkiraan biaya bagi klien, serta menganalisis pemasukan untuk menentukan keuntungan dari sebuah proyek.

Bidang karier ini terbuka bagi sarjana bidang yang berhubungan dengan industri, seperti ilmu/manajemen konstruksi. Bagi mereka yang tertarik pada perencanaan biaya manufaktur, biasanya sarjana fisika, matematika, insiyur, khususnya statistik bisa melamar.

6. Pilot komersial
Selalu ingin terbang di langit yang bersahabat tanpa perlu rekan terbang? Anda mungkin akan cocok bekerja sebagai pilot komersial.

Sebagai seorang pilot komersial Anda tidak akan banyak diganggu oleh radio interkom pesawat. Anda bahkan tidak memiliki kru. Pilot komersial menerbangkan pesawat untuk berbagai tujuan seperti pemadam api, pesawat sewaan (carter), pesawat pertanian, atau fotografi udara. Terdengar sangat penyendiri bagi kami.

“Tidak seperti pilot transportasi udara, yang harus berbagi kokpit dengan kopilot, pilot komersial kebanyakan terbang seorang diri,” kata Shatkin.

Banyak pilot saat ini merupakan lulusan diploma atau sarjana dari sekolah penerbangan sipil, dan perusahaan cenderung merekrut lulusan universitas. Pilot komersial juga harus memiliki surat izin terbang.

7. Pemrogram komputer
Apakah Anda cenderung akrab dengan komputer dibandingkan rekan kerja? Karier sebagai seorang pemrogram komputer dapat menjadi pilihan tepat untuk kehidupan yang menenangkan.

Pecinta komputer, bukan manusia, adalah syarat wajib bagi posisi ini. “Seperti pengembang perangkat lunak, pemrogam adalah pekerjaan yang memiliki hubungan mesra dengan komputer selama jam kerja dan tidak perlu melakukan banyak kontak dengan rekan kerja,” kata Shatkin.


Sumber : Yahoo!